Selasa, 22 Desember 2015

SISTEM OPERASI WINDOWS


A. Sejarah Logo Sistem Operasi Windows

Bentuk jendela merupakan identitas windows itu tersendiri, Logo jendela Microsoft Windows mulai diperkenalan sejak rilis Windows 3.1 diawali pada tahun 90-an. Dengan tampilan berbentuk kotak yang memiliki batas hitam bertahan hingga tahun 2001, metamorfosa terjadi pada saat Windows XP dirilis, desain jendela dibuat melambai layaknya bendera berkibar. Selanjutnya untuk Vista dan Windows 7 dibuat lebih elegan dengan logo jendela yang bersinar. Jendela sebagai logo digambarkan sebagai kumpulan aplikasi yang dipisahkan berdasarkan fungsi dan kegunaannya.
Sedangkan warna 4 warna yang tergabung pada logo windows memiliki arti tersendiri. Terinspirasi dari kepribadian manusia yang terbagi menjadi 4 tipe kepribadian, maka dilambangkan dengan warna.

  1. Kuning, melambangkan kepribadian orang visioner, orang bertipe kepribadian ini adalah orang yang memiliki pandangan jauh ke depan dan mimpi yang tinggi. Namun, sometime mereka melihat mimpi itu terlalu jauh, tanpa berpijak pada kenyataannya.
  2. Merah, melambangkan tipe kepribadian pengendali. Orang bertipe kepribadian ini memiliki kecendruangan mengendalikan dan mengatur orang lain. Biasanya orang ini memiliki jiwa kepemimpinan yang baik sehingga bisa mengendalikan orang lain. Orang bertipe pengendali ini memiliki keterkaitan dengan orang visioner. Orang bertipe pengendali berperan sebagai pelaksana, mengatur cara agar mimpi yang dimiliki orang bertipe visioner bisa terlaksana.
  3. Hijau melambangkan tipe kepribadian rapi. Orang yang memiliki kepribadian rapi, maka akan selalu menjaga kerapiannya.
  4. Biru, melambangkan kepribadian lem. Seperti lem, orang yang bertipe kepribadian ini memiliki kemampuan untuk merekatkan hubungan, misalnya merekatkan antara satu kelompok dengan kelompok lain. Orang bertipe ini mudah bergaul dan membaur dengan orang lain. Dengan menyatukan keempat “warna” tersebut dalam satu framework, sehingga terjadilah suatu perusahaan sebesar “windows”.

Seiring perkembangan zaman, Microsoft mulai memperkenalkan logo terbarunya pada Windows 8 nampak tergoda untuk memperkaya logo dengan warna, animasi dan 3 dimensi. Godaan ini membuat logo Windows seperti sebuah bendera dalam posisi berkibar. Salah seorang desainer Pentagram, Paula Scher, mengajukan pertanyaan sederhana pada tim pengembang Windows. “Produk Microsoft adalah Windows yang berarti jendela. Lalu mengapa logonya seperti bendera?” begitu kira-kira pertanyaan Paula. Tim pengembang Windows sepakat dengan Paula. Alhasil, logo Windows 8 dibuat seperti jendela tanpa lekukan dalam perspektif kemiringan kecil. Desain ini memperkuat identitas antarmuka Metro yang dikenal dengan pilihan menu berbentuk kotak, atau disebut tile. Pada Windows 8, keempat kotak tersebut diberi warna default biru muda. Begitupun dengan teks Windows 8-nya.

B. Perkembangan Windows

Picture1

Windows pertama kali diluncurkan sebagai sistem operasi pada tahun 1983 dengan nama Windows tanpa embel-embel versi. Versi 1.0 sendiri baru diumumkan dua tahun kemudian seiring pula dengan logo pertamanya. Logo pertama ini sekilas mirip dengan logo Windows 8. Dengan desain sederhana berupa kotak dibagi empat namun dengan posisi yang tidak sama rata.

1. Windows 3.1/3.1.1

Picture2

Berlanjut ke Windows 3.1 dan Windows 3.1.1, disini mulai digunakan 4 warna pada logo jendela beserta efek kibaran yang bermakna pergerakan. Sedangkan desain 4 warna dasar yaitu merah, hijau, biru dan kuning merupakan warna dasar yang dipilih karena dianggap sebagai warna yang memiliki kontras yang baik bagi mata.

2. Windows 95

Picture3

Perubahan drastis terjadi pada sistem operasi dari versi 3.1 ke 95. Disini mulai diperkenalkan menu yang tersusun berdasarkan aplikasi yang bisa diakses melalui tombol Start. Logonya pun mulai ditampilkan mirip dengan Windows 3.1 namun dengan perubahan posisinya yang condong miring dengan latar belakang warna biru langit.

3. Windows 98

Picture4.jpg

Windows 98 sebagai penerus 95 hadir dalam dua versi yaitu 98 dan 98SE (Second Edition). Meski demikian logo keduanya tetap sama. Mengalami sedikit perbaikan dari logo Windows 95 namun dengan nuansa latar biru langit yang lebih dinamis.

4. Windows ME

Picture5.jpg

Windows ME (Millenium Edition) yang bisa dibilang versi Windows 98 namun dengan penambahan feature multimedianya memang terbilang tidak sukses. Namun disini mulai diperkenalkan feature lain yaitu system restore. Untuk itu logo ME dibuat bernuansa multimedia, dengan menambahkan tiga kotak yang mengiringi logo jendela ditengahnya.



5. Windows XP

Picture6

Perubahan desain yang lebih modern mulai terjadi pada Windows XP. Disini mulai dikenal logo jendela dengan desain seperti kibaran bendera atau disebut pula Windows Flag. Tombol Start menggunakan desain yang lebih elegan serta sentuhan bernuansa 3D yang lebih menarik.

6. Windows 7

Picture7

Pada Windows Vista, logo Windows XP berada dalam satu lingkaran bernuansa gelas kaca berwarna latar biru. Hal ini menandai feature baru pada Windows yaitu efek Aero Glass. Dan karena Microsoft menganggap Windows Vista kurang berhasil, sebagai penerusnya Windows 7 masih menggunakan logo kibaran jendela, namun tanpa menggunakan lingkaran.

7. Windows 8

Picture8.jpg

Pada Windows 8, Microsoft berupaya menciptakan sebuah logo yang bergaya modern, klasik namun tetap sederhana. Logo Windows 8 sendiri menegaskan bahwa logo ini merupakan sebuah jendela dan bukannya bendera, dimana logo sebelumnya menggunakan logo jendela tetapi dengan posisi seperti bendera berkibar. Logo Windows 8 dibuat agak miring mengarah ke atas yang juga merupakan simbol saat digunakan pada perangkat tablet. Microsoft juga menegaskan kesederhanaan logo baru ini menggambarkan sifat rendah hati namun percaya diri dengan kembali ke logo awal yang dimodernisasi

8. Windows 10

Picture9.png

Windows sengaja tidak mengeluarkan versi windows 9 dikarenakan para users akan menganggap windows 9 yang dipakai adalah windows 95 atau windows 98 karena berawalan 9, jika itu terus dipakai akan berbahaya. Maka dengan itu Windows langsung memproduksi windows 10 untuk menggantikan windows 9 yang tidak boleh diproduksi. Windows ini adalah versi terbaru dari semua software windows dengan segala kecanggihannya membuat satu dari sekian software Operating System ini banyak digandrungi oleh masyarakat, simpel, menarik, dan canggih.

C. Macam – Macam  OS Windows

1. Windows 1.0

Picture10

Versi pertama Microsoft Windows, yang disebut dengan Windows 1.0, dirilis pada tanggal 20 November 1985.

2. Windows 3.1

Picture11

Windows 3.1 adalah merupakan produk pertama dari jajaran sistem operasi Server Microsoft Windows NT. Produk ini mulai diproduksi tanggal 27 Juli 1993.

3. Windows 95

Picture3.jpg

Windows 95 adalah sistem operasi hibrida 16-bit/32-bit yang diproduksi oleh Microsoft. Windows 95 diperkenalkan ke publik pada tanggal 14 Agustus 1995.

4. Windows 98

Picture4

Windows 98 adalah sistem operasi Windows yang dikeluarkan Microsoft pada 25 Juni 1998.

5. Windows 2000

Picture12.png

Windows 2000 (atau Windows NT 5.0 build 2159) adalah sebuah versi sistem operasi Windows yang merupakan versi pengembangan dari Windows NT versi 4.0, dikeluarkan oleh Microsoft tanggal 17 Februari 2000 di Amerika Serikat.

6. Windows ME

Picture5.jpg

Windows Me, Windows ME, atau Windows Millennium Edition adalah sebuah versi Windows yang didesain khusus untuk pengguna rumahan, dan ditujukan untuk menggantikan pasar sistem operasi sebelumnya, Windows 98.

7. Windows XP

Picture13

Windows XP pertama kali dirilis pada 25 Oktober 2001.

8. Windows 7

Picture14

Windows 7 dirilis untuk pabrikan komputer pada 22 Juli 2009 dan dirilis untuk publik pada 22 Oktober 2009.

9. Windows 8

Picture15

Microsoft secara resmi merilis Windows 8 pada 26 Oktober 2012 bersamaan dengan peluncuran komputer perdana yang menggunakan Windows 8.

10. Windows 10

Picture16

Windows 10 merupakan sistem operasi komputer pribadi yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari keluarga sistem operasi Windows NT. Diperkenalkan pada tanggal 30 September 2014, dirilis pada 29 Juli 2015.

D. Tampilan Utama OS Windows

1. Windows 1.0

Picture10

2. Windows 3.1

 Picture11


 3. Windows 95

Picture3.png

4. Windows 98

 Picture4

5. Windows 2000
Picture5.jpg

6. Windows XP

 Picture6.jpg

7. Windows 7

Picture7.png

8. Windows 8

 Picture8.png

9. Windows 10

Picture9

E. Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Windows

1. Windows 1.0

     Kelebihan :

  • Versi ini pertama kali menggunakan GUI (Graphic User Interface).
  • Memperluas kemampuan MS-DOS

     Kekurangan :

  • Versi ini memiliki banyak kekurangan dalam beberapa fungsionalitas, sehingga kurang populer di pasaran.
  • Windows 1.0 juga memiliki masalah dan kelemahan yang sama yang dimiliki oleh MS-DOS.
  • Jendela-jendela di dalam Windows 1.0 hanya dapat ditampilkan di layar secara “tile” saja, sehingga jendela tersebut tidak dapat saling menimpa satu sama lainnya.
  • Tidak ada semacam tempat yang digunakan untuk menyimpan berkas sebelum dihapus (Recycle Bin).

2. Windows 3.1

     Kelebihan :

  • Memudahkan komunikasi antar anggota workgroup lainnya
  • Menggunakan sharing printer
  • Memudahkan mengakses file dan program aplikasi yang berada di komputer lain.
  • Administrasi sistem jaringan (network) relative lebih mudah

     Kekurangan :

  • Nama berkas yang panjang.
  • Tampilan desktop yang minim.
  • Kurangnya proteksi terhadap sistem.

3. Windows 95

     Kelebihan :

  • Adanya peningkatkan sistem proteksi.
  • Tampilan desktop lebih baik dari versi sebelumnya
  • Fasilitas Bantuan (Help) yang terintegrasi Fasilitas Help apabila pemakai sedang menghadapi kesulitan dalam pengoprasian, program ini lebih luas.
  • Kemampuan meberi nama yang panjang pada file dan folder (maksimal 250 karakter).

     Kekurangan :

  • Tidak bisa membaca RAM lebih dari 256 Mb (16-bit dan 32-bit).
  • Kurangnya visual grafis yang sesuai dengan versi windows 95 ini.

4. Windows 98

     Kelebihan :

  • Lebih terjamin : memiliki akses ke Windows Update, ekstensi berbasis web untuk Windows 98. Fasilitas pemecahan masalah yang baru dilengkapi perangkat.
  • Lebih menghibur : windows 98 dapat mendukung DVD dan digital audio, jadi kita dapat memutar film dan audio digital berkualitas sangat tinggi pada komputer kita dan didukung oleh paket wallpaper, screen saver, icon 3-D, pointer mouse yang unik.

     Kekurangan :

  • Tidak ada versi 64 bit.
  • Kemampuan multi tasking yang sangat buruk.
  • Mudah crash

5. Windows 2000

     Kelebihan : 

  • Dapat mencari dan mengakses informasi yang lebih cepat. Dilengkapi kemudahan pada saat bekerja dengan file, bekerja dengan Web, bekerja dengan komputer lain yang terhubung, dan kemudahaan lainnya. Untuk memudahkan mengelola file dan dokumen, Windows 2000 dilengkapi dengan My Network Places untuk menyimpan semua folder favourites anda pada sistem jaringan, My Documents untuk memudahkan menyimpan dan membuka file pribadi kita, dan lain-lain.
  • Pengguna dan Network Administrator. Pengguna dapat bekerja dengan lebih efisien karena sebagian besar computer management task telah diotomatiskan. Disertakannya wizard-wizard baru yang akan membantu mengatur konfigurasi perangkat keras.

       Kekurangan : 

  • Kekurangan dalam fitur Multimedia.
  • Keamanan yang kurang tangguh.

6. Windows ME

     Kelebihan : 

  • Tool untuk mengintegrasikan Netware dan memonitoring Jaringan.
  • Model keamanan berbasis Domain penuh.
  • Bisa Membooting jarak jauh untuk client.
  • Bebas dari Kode 16 Bit milik MS-Dos,mendukung operasi 32 bit dan semua Fitur yang ditawarkan oleh Microprosesor 32 bit seperti dapat mengamati memori hingga 4 Gb dan Terproteksi.

     Kekurangan : 

  • Browser yang digunakan sebagai sistem dasar pada sistem perangkat bantu administrasi banyak menggunakan Javascript dan Active X, ternyata mengakibatkan proses sangat lambat. Hal yang sama dengan PC yang menggunakan processor 300 MHz AMD dan 128 MB SDRAM serta 100 MHz Bus tidak bisa diharapkan bekerja dengan lancar seperti yang diharapkan.
  • Pengubahan konfigurasi yang mendasar jarang dapat dilakukan dengan berhasil. Hal ini berlaku untuk nilai default, Format file Log yang bersifat propritary dan juga pilihan default-indeks, yang kesemuanya secara standar selalu harus disimpan pada drive C. Administrator dalam hal ini harus melakukan pekerjaan yang tak perlu, hingga sistem keseluruhan berjalan sebagaimana mestinya, sebelum dapat melakukan perubahan.

7. Windows XP

     Kelebihan :

  • Banyak sotware yang stabil berjalan di operating sistem ini.
  • Tidak akan ada masalah antara software dan hardware.
  • Microsoft Windows XP memiliki stabilitas yang tinggi terhadap sistem yang dimilikinya.
  • Windows XP dapat digunakan untuk berbagai aplikasi secara real time ke seluruh dunia.

     Kekurangan :

  • Harga lisensinya cukup mahal
  • Tidak adanya Java Virtual Machine seperti generasi-generasi windows sebelumnnya
  • Komunitasnya terlalu sedikit, karena bersifat closed-source
  • Gampang terkena virus
  • Sistem yang kurang stabil

8. Windows 7

     Kelebihan : 

  • Proses boot/shut down lebih cepat.
  • Konsumsi daya CPU, hard disk (HD) dan memori yang dibutuhkan system service lebih sedikit.
  • Mengoptimisasi prefetching baik untuk HD maupun SSD.
  • Tampilan Lebih bagus dari segi 3 demensinya yang menonjol.
  • Fitur sekurity yang benar-benar ketat.

     Kekurangan :

  • Beberapa aplikasi belum bisa beroperasi di Windows 7.
  • Bug pada Windows Player 12.
  • Ada hardware yang bisa langsung dikenali di Vista, tapi tidak di Windows 7.
  • Susah memaksa software yang sebelumnya bisa dipaksakan diinstall di Vista, juga dipasang di Windows 7.

9. Windows 8

     Kelebihan :

  • Windows 8 tidak membutuhkan upgrade PC: Jika anda sudah menggunakan Windows 7 sebelumnya, maka anda bisa gunakan Windows 8 ini, tanpa harus Upgrage atu bahkan ganti PC.
  • Praktis Buka Aplikasi : Untuk berpindah aplikasi, cukup rapatkan mouse kelayar sebelah kiri, jadi tidak perlu lagi ALT+TAB seperti pada Windows 7.
  • Lock Screen : Lock screen pada Windows 8 tidak menutup semua program dan dokumen, tidak seperti log off pada windows-windows sebelumnya.

      Kekurangan :

  • Sulit berpindah aplikasi mungkin anda akan menganggap sepeleh hal mendrag Aplikasi namun jika menggunakan Aplikasi dengan jumlah yang banyak akan sangat mengganggu.
  • Konten Flash pada Windows 8 tidak bisa berjalan pada Tablet mungkin Microsoft akan menjaga rahasia Source Code agar tidak dapat dibongkar.

10. Windows 10

     Kelebihan :

  • Teknologi pertinjauan pada start menu.
  • Kemampuan multitasking.
  • Penambahan virtual desktop.
  • Satu OS semua perangkat.
  • Lebih stabil dari windows 8

      Kekurangan :

  • Ditunjukan untuk PC Expert dan Enthusiast
  • Banyaknya perubahan pada GUI yang membingunkan user.

 
 
Sumber :

id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Windows
zvelite.com/2013/01/perkembangan-windos-dari-generasi-ke.html
nurjatiwidodo.lecture.ub.ac.id/files/2012/03/Sistem-Operasi-Windows-XP.pdf

0 komentar:

Posting Komentar