Sabtu, 19 Desember 2015

CONTOH IT




Beberapa Contoh Teknologi Informasi
 
   - Pengiriman SMS (Short Message Service)
·         Alat                  : handphone
·         Media              : udara (wireless)
·         Data/Informasi : text

   - Pengiriman MMS (Media Multi Service)
·         Alat                  : handphone
·         Media              : udara (wireless)
·         Data/Informasi : text,gambar

   - Pengiriman e-mail
·         Alat                  : computer, handphone, PDA (Personal Data Asistent)
·         Media              : udara (wireless),kabel
·         Data/Informasi : text 

   - Akses Facebook
·         Alat                  : handphone,computer,PDA
·         Media              : wireless,kabel
·         Data/Informasi : text,gambar,video

   - Aplikasi SIM Akademik
·         Alat                  : computer
·         Media              : wireless, kabel
·         Data/Informasi : text 




Dampak Positif Dan Negatif Informasi Teknologi



        Dampak Positif dan Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Bidang Pendidikan

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai bagian dari ilmu pengetahuan dan teknologi secara umum adalah semua teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi. Dalam bidang pendidikan, TIK banyak memiliki peranan. Teknologi Informasi seakan telah menjadi pengalih fasihan buku, guru dan sistem pengajaran yang sebelumnya masih bersifat konvensional. Teknologi Informasi menyebabkan ilmu pengetahuan menjadi kian berkembang dan berkembang. Namun, TIK juga memiliki dampak positif dan negative terhadap kehidupan, salah satunya yang menonjol adalah di bidang pendidikan.

           Dampak Positif Teknologi Informasi dan Komunikasi di Bidang Pendidikan :
1.  Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk   kepentingan pendidikan.
2.   Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan.
3.  Kemajuan TIK juga akan memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau kelas yang berbasis teleconference yang tidak mengharuskan sang pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.

Dampak Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi di Bidang Pendidikan :
1.  Kemajuan TIK juga akan semakin mempermudah terjadinya pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) karena semakin mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan.
2.  Walaupun sistem administrasi suatu lembaga pendidikan bagaikan sebuah sistem tanpa celah, akan tetapi jika terjadi suatu kecerobohan dalam menjalankan sistem tersebut akan berakibat fatal.
3.  Salah satu dampak negatif televisi adalah melatih anak untuk berpikir pendek dan bertahan berkonsentrasi dalam waktu yang singkat (short span of attention).


       Dampak Positif dan Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Bidang Pemerintahan

Penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dengan pihak-pihak lain disebut e-government. Penggunaan hubungan ini dapat dibedakan menjadi 3 bentuk, yaitu:
* G2C (Government to citizen), hubungan antara pemerintah dengan masyarakat,
* G2B (Government to bussines), hubungan antara pemerintah dengan pengusaha,
* G2G (Government to Government), hubungan antara pemerintah dengan pemerintah.
Konsep e-government mengacu pada penggunaan teknologi informasi dan komunikasi oleh pemerintahan, misalnya menggunakan jaringan internet. E-government dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dengan penduduk, bisnis dan kegiatan lainnya.

Dampak Positif Teknologi Informasi dan Komunikasi di Bidang Pemerintahan :
1.  Pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat, informasi dapat disediakan 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu, tanpa harus menunggu dibukanya kantor, informasi dapat dicari dari kantor, rumah, tanpa harus secara fisik datang ke kantor pemerintahan.
2.  Peningkatan hubungan antara pemerintah, pelaku bisnis, dan masyarakat umum, adanya keterbukaan (transparansi) maka diharapkan hubungan antara berbagai pihak menjadi lebih baik, keterbukaan ini menghilangkan saling curiga dan kekesalan dari semua pihak.
3.  Pemberdayaan masyarakat melalui informasi yang mudah diperoleh.
Dengan adanya informasi yang mencukupi, masyarakat akan belajar untuk dapat menentukan pilihannya. Sebagai contoh, data-data tentang sekolah: jumlah kelas, daya tampung murid, passing grade, dan sebagainya, dapat ditampilkan secara online dan digunakan oleh orang tua untuk memilihkan sekolah yang pas untuk anaknya.
Dampak Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi di Bidang Pemerintahan :
  1. Semakin bebasnya masyarakat mengakses situs pemerintah akan membuka peluang terjadinya cyber crime yang dapat merusak system TIK pada e-government. Misalnya kasus pembobolan situs KPU ketika penyelenggaraan Pemilu oleh seorang cracker.
  2. Biaya
    Walaupun politik dalam pemerintahan yang menggunakan informasi dan teknologi dapat melakukan pengeluaran yang lebih sedikit daripada konvensional, namun sebelumnya untuk membuat infrastruktur dan teknisinya akan memiliki biaya yang sangat mahal.
  3. Jangkauan akses. Harus diakui tidak semua orang melek terhadap teknologi. Bagi warga yang berada jauh di pedalaman akan susah untuk mengakses website, blog, atau video streaming tentang politik di Indonesia

        Dampak Positif dan Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Bidang Ekonomi.
Dalam perekonomian suatu negara, teknologi informasi mulai dirasa mempunyai peran yang penting dalam perekonomian suatu negara karena dengan berkembangnya teknologi informasi, perekonomian suatu negara mulai memperlihatkan perubahan yang cukup signifikan. Banyak hal yang dirasa berbeda dan berubah dibandingkan dengan cara yang berkembang sebelumnya. Saat sekarang ini jarak dan waktu bukanlah sebagai masalah yang berarti untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, berbagai aplikasi tercipta untuk memfasilitasinya. Perekonomian suatu negara dapat dilihat dari perkembangan teknologi informasi dan komunikai di negara tersebut. Semakin tinggi perkembangan teknologi informasi maka semakin tinggi pula pertumbuhan ekonomi negara tersebut. Namun perkembangan teknologi informasi ini juga memiliki sisi negatif, dimana banyak penyalahgunaan teknologi dalam melakukan tindak kriminal.
Dampak Positif Teknologi Informasi dan Komunikasi di Bidang Ekonomi :
1. Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi.
2.  Dengan fasilitas pemasangan iklan di internet pada situs-situs tertentu akan mempermudah kegiatan promosi dan pemasaran suatu produk.
3.  Semakin maraknya penggunaan TIK akan semakin membuka lapangan pekerjaan.
Dampak Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi di Bidang Ekonomi :
1. Dengan mudahnya melakukan transaksi di internet menyebabkan akan semakin memudahkan pula transaksi yang dilarang seperti transaksi barang selundupan atau transaksi narkoba.
2. Hal yang sering terjadi adalah pembobolan rekening suatu lembaga atau perorangan yang mengakibatkan kerugian financial yang besar.
3. Dengan kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi menyebabkan       banyaknya terjadi kasus penipuan dalam perdagangan online.
 
sumber : http://www.echotuts.web.id/2015/09/pengertian-dan-beberapa-contoh-teknologi-informasi.html

1 komentar:

  1. PERMAINAN KARTU TERBAIK BERSAMA BANDAR RESMI DAN TERPERCAYA DEWAKIUKIU.NET
    POKER DOMINO99 BANDARQ CAPSA SUSUN DUQ & BANDAR POKER DALAM 1 USER ID
    MAU JADI KAYEH GAN???^.^
    DISINI AJEH,GAK PERLU WAKTU LAME JADI KAYEH
    * PENDAFTARAN GRATIS DAN MUDAH
    * TRANSAKSI DANA SUPER CEPAT & AMAN
    * PERMAINAN FAIR PLAYER VS PLAYER 100%
    * DAPAT DI MAINKAN DENGAN HAPE ANDROID DAN IOS
    * MEMBERIKAN BONUS CASHBACK MINGGUAN & SEUMUR HIDUP
    PERMAINAN KARTU ONLINE TERBAIK DAN TERBESAR BERSAMA AGEN BANDAR RESMI DEWAKIUKIU.COM POKER-DOMINOQQ-BANDARQ-CAPSASUSUN-ADUQ BANDARPOKER DALAM 1 USER ID
    DAN JADILAH DEWA BESAR HANYA DISINI
    KEUNTUNGAN BERMAIN BERSAMA DEWAKIUKIU.NET
    * PENDAFTARAN GRATIS DAN MUDAH
    * DEPOSIT&WITHDRAW SUPER CEPAT & TERJAMIN
    * PERMAINAN FAIR PLAY, MEMBER VS MEMBER ( NO BOT )
    * BISA BERMAIN MELALUI HP ANDROID DAN IOS
    * BONUS ROLINGAN TERBESAR
    * BONUS REFERALL SEUMUR HIDUP
    * MINIMAL DEPO&WD RP.20.000
    BANK AKTIF
    BNI-BRI-BCA-MANDIRI-DANAMON
    BBM: 33428C8D
    WA :+855962762654

    BalasHapus