Selasa, 22 Desember 2015

SISTEM OPERASI iOS



A. Sejarah Sistem Operasi iOS
iOS adalah sistem operasi perangkat genggam dari Apple. Awalnya dibuat hanya untuk iPhone, iOS kemudian berkembang hingga bisa mendukung perangkat Apple, Inc. yang lain seperti iPod touch, iPad dan Apple TV. Apple, Inc, tidak melisensikan iOS untuk digunakan di perangkat keras lain. Hal ini berbeda dengan Android, yang mana kita
bisa menemukannya di berbagai merk perangkat genggam.




Gambar 1.1 Logo Sistem Operasi iOS ( Sumber : image.google.com )

iOS adalah sebuah sistem operasi mobile yang diciptakan oleh Apple sejak Januari 2007 lalu, Steve Jobs sebagai CEO diwaktu itu. Awalnya sistem operasi mobile ini tidak dinamakan iOS oleh Apple melainkan sistem operasi versi dari OS X atau disebut juga iPhone OS.
Sistem operasi ini dulunya belum dapat bekerja menggunakan perintah copy dan paste, dan multi tasking. Bagi perusahaan lain seperti Google dapat melihat peluang dari kelemahan sistem operasi ini sehingga google menciptakan sistem operasi barunya yaitu Android. Versi iOS dulunya berawal dari versi iPhone OS 1.0 (initial release) June 2007 untuk Iphone dan Ipod Touch hingga iPhone OS 3.1 – 3.2 versi terakhir dari nama iPhone OS pada

September 2009. Pada June 2010 iPhone OS berganti nama menjadi iOS yang diterapkan pada iPhone, iPod touch, iPad yang telah menambahkan bebrapa fitur yang menarik dan lebih interaktif sehingga menarik minat pengguna untuk menggunakannya. Pada akhir tahun ini tepatnya pada September 2013, Apple telah mengumumkan versi iOS terbaru yang telah diluncurkan. versi terbaru dari iOS adalah versi iOS 7, yang telah diumumkan pada acara WWDC
2013 oleh Jhony Ive. Versi ini adalah sebuah perubahan paling besar. Interface dari iOS sangat berbeda dari dan kelihatan lebih simpel, tapi terkesan mewah Sistem iOS diturunkan dari Mac OS X, yang oleh karenanya memiliki ciri sebagaimana sistem operasi Unix. Antarmuka iOS didasarkan pada konsep manipulasi langsung dengan gerakan multisentuh. Respon iOS atas input pengguna bersifat langsung dengan antarmuka yang mengalir halus.

Sedangkan untuk logo iOS, merupkan logo turunan dari perusahaan Apple.inc itu sendiri (gambar 1.1) ada beberapa rumor yang mengatakan tentang bagaimana Steve Jobs bisa terinspirasi dari apel itu sendiri, yaitu diantaranya :

  1. Terinspirasi dari Alan Turning, bapak komputer modern yang mengakhiri hidupnya dengan memakan apel yang mengandung sianida.
  2. Ada juga yang mengatakan, gigitan itu berarti byte. Istilah tersebut berasal dari kapasitas memori komputer, yaitu mega byte, terra byte.
  3. Filosofinya, apel diumpamakan sebagai ilmu pengetahuan. Gigitannya adalah simbol kalau manusia tidak bisa memakan semua ilmu, tapi hanya sebagian saja.
  4. Mengenang Isaac Newton (teori gravitasi konon ditemukan setelah Newton melihat apel jatuh dari atas pohon).
  5. Terinspirasi dari kisah manusia pertama, Adam dan Hawa. Apel merupakan buah sumber pengetahuan.
  6. Beberapa orang percaya, Steve adalah penggemar berat The Beatles, dan dia pun mencontek logo itu dari salah satu album The Beatles.
  7. Berawal dari kebiasaan Steve yang vegetarian dan suka memakan buah apel. Saat dia memutuskan untuk mendirikan perusahaan bersama sahabatnya (Wozark), simbol apellah yang digunakan.
  8. Ada juga yang berpendapat bahwa saat anda melihat merek Apple, berarti anda sudah mencicipi kecanggihan dan elegannya produk Apple
Namun yang pasti, menurut pembuat logo Apple sendiri Rob Janoff, gigitan apel itu hanyalah sebuah variasi saja. Menurutnya, logo itu tidak punya arti khusus, yang dia lakukan hanya mendesain apel dengan kreatifitas yang dimilikinya.

B. Perkembangan Sistem Operasi iOS
Sistem Operasi iOS selalu melakukan perbaikan maupun penambahan fitur dari sistem operasi iOS sebelumnya, berikut perkembangan iOS dari versi ke versi :

  1. iOS 1
    Kontrol Sentuh, Entertaiment dan Internet Sejarah Apple i Phone OS di mulai pada iPhone OS 1. Apa yang membuat iPhone OS 1 ini terlihat spesial. User interface yang diusung ini benar benar di rancang untuk pengoperasian Multi Touch dan iPhone generasi pertama memiliki layar sentuh kapasitif sebesar 3.5 inci yang lebih cepat dan lebih intuitif pada pengoperasian dibandingkan kompetitor lainnya. Perangkat ini juga menawarkan pengal aman menjelajah internet jauh lebih baik dan mencakup semua fitur iPod didalamnya. Perangkat ini masih belum sempurna, karena perangkat ini tidak memilki 3G, tidak ada wireless iTunes syncing, tidak memiliki slot kartu memori eksternal , dan tidak ada stereo Bluetooth. Namun kekurangan ini tidak menghambat perangkat ini mendapatkan penghargaan terbaik dari para pengguna.

  1. iOS 2
    Pada versi ini terjadi perubahan besar di iOS history yang diperkenalkan pada iOS 2.0, yaitu dukungan untuk aplikasi pihak ketiga, yang juga menandai titik balik untuk iPhone sebagai perangkat pasar massal. Meskipun SDK diumumkan pada bulan September tahun 2007, dan dirilis ke developer pada Maret 2008, namun orang-orang benar-benar dapat merasakan kenikmatan App Store ketika iPhone 3G diluncurkan pada Juli 2008. App Store adalah penambahan terbesar pada saat itu. Meskipun device yang menggunakan OS ini masih Iphone dan Ipod. iOS ini dirilis pada Juli 2008 dan telah melakukan peng- update-an sebanyak dua kali yaitu yang pertama iOS versi 2.1 pada september 2008 dan yang kedua iOS versi 2.2 pada November 2008.

  1. iOS 3
    Banyak dan banyak fitur kecil yang disematkan untuk membuat pengal aman mengeksplorasi iPhone menjadi lebih menyenangkan pada i Phone 3GS yang mengusung iPhone OS generasi keti ga. Tampilan pada perangkat ini lebih halus dan intuitif . Para pengguna akan mendapatkan push notifications untuk aplikasi pihak ketiga, parental controls, tap to focus pada kamera, pencari an universal dengan sorotan, dan cut, copy, paste untuk perangkat l ayar sentuh. Ada juga pilihan untuk membel i film, acara TV, dan buku langsung dari i Tunes pada i Phone atau i Pod Touch
  2. iOS 3.2 The iPad
    Pada saat sistem operasi ini diluncurkan, sudah saatnya perangkat baru dan besar muncul ke pasaran, dan itu berarti memiliki tampilan antar muka yang baru dan desain aplikasi agar cocok dengan layar yang lebih besar. Perangkat ini bukan hanya sekedar pembesaran piksel, panel tambahan dan daftar sidebar diperkenalkan untuk membuat lebih banyak menggunakan layar yang besar. Ini adalah fragmentasi pertama dalam platform iOS, seperti iOS 3.2 dan update nya hanya dikhususkan untuk iPad.

  1. iOS 4.0 Multitasking, FaceTime dan Folder 
    Bersamaan dengan munculnya iPhone 4 yang mana merupakan generasi iPhone pertama yang membawa layar Retina, iOS 4 mengatakan bahwa mereka membawa “100” fitur baru ke dalamnya. Ada FaceTime untuk video call, folder untuk mengatur aplikasi, universal spell check, unified email, dan headliner – multitasking. Interpretasi Apple tentang multitasking itu tidak sama dengan Google, tapi iOS 4 menawarkan cukup fitur untuk melawan tantangan dari platform Android dengan cepat.
  2. iOS 4.0.1 ke 4.3 “ Antennagate,” Game Center, dan Air Play 
    Itu hanya sebulan sebelum update pertama diluncurkan untuk mengatasi masalah “antennagate” dan empat update yang mengikuti selama beberapa bulan ke depan. iOS 4.1 memperkenalkan Game Center, AirPlay muncul dalam 4.2.1, dan akhirnya personal hotspots untuk berbagi konektivitas 3G melalu W-Fi, AirPlay untuk aplikasi pihak ketiga, dan iTunes Home Sharing untuk akses Wi-Fi untuk semua konten iTunes di iOS
    4.3.


  1. iOS 5.0
    Siri, wireless sync, dan iCloud Platform iOS 5 dan iPhone 4S adalah rilis penting untuk Apple, sementara Android telah membuat keuntungan yang serius di pasar smartphone. Ada banyak fitur yang ditawarkan oleh Apple dari perangkatnya ini untuk menarik fungsionalitas yang besar yang terinspirasi oleh pesaing utamanya. Notifications Center dirombak besar- besaran, aplikasi iMessage, aktivasi nirkabel, sinkronisasi iTunes melalui Wi-Fi, dan update over-the- air. Perubahan terbesar yang mengubah penggunaan smartphone adalah Siri, asisten suara pribadi yang mampu mengubah dunia smartphone menjadi lebih menarik.

  1. iOS 6 
    Satu tahun yang lalu di Apple WorlWide Developers Conference (WWDC), iOS 6.0 diresmikan pada Juni 2012. Sistem operasi ini seperti biasanya memperkenalkan beberapa perbaikan dan beberapa fitur baru, tetapi berita besar dari semua ini adalah Apple Maps dan didepaknya Google Maps sebagai layanan navigasi default dan Youtube. Mungkin agak ambisius, dan berbagai kekurangan dan kesalahan pada Apple Maps, mendorong permintaan maaf dari CEO, Tim Cook. Namun tidak semuanya bermasalah, iOS 6.0 membawa perangkat tambahan untuk Siri dan Notification Center, bersama dengan FaceTime melalui selular, integrasi Facebook, dan metode pembayaran tebraru menggunakan Passbook. iOS 6 yang mempunyai semboyan “The World’s most advanced mobile operating system” ini kabarnya melakukan lebih dari 200 perubahan dari iOS versi sebelumnya. Angka yang demikian besar tersebut kemungkinan termasuk juga perubahan yang amat sangat kecil. Tapi ada beberapa perubahan yang signifikan yg dilakukan Apple di iOS 6 ini. Perubahan inilah yang merupakan kelebihan dan kekurangan iOS 6 itu sendiri. Kelebihan iOS 6 Apple iPhone, iPod, iPad dengan penambahan fitur yang sangat menonjol antara lain:
    a. Facebook Integretion 
    Di iOS 6 Facebook sudah terintegrasi dengan upload foto ke Facebook secara langsung dari camera, share lokasi kita berada ke Facebook dengan menggunakan Apple Maps, serta tampilan Contact yang lebih lengkap dengan terintergrasinya profile teman dengan contact. Dengan adanya intergrasi ini, semua hari ulang tahun teman Facebook akan ada di Calender iPhone atau iPad kita. Fitur Facebook Integration ini sudah lebih dulu digunakan di Blackberry Contact.
    b. VIP Inbox Mail
    Tambahan menu VIP di inbox mail, yang berguna untuk mengelompokkan contact dan beserta pesan emailnya. Pengelompokan pesan mail ini berguna untuk mengelompokkan email yang wajib baca dan email sampah (junk/ spam). Kini fasilitas VIP Inboox Mail ini sudah langsung tertanam secara default pada iOS 6.
    c.  Peningkatan Kemampuan Siri 
    Siri yang merupakan asisten pribadi cerdas dan aplikasi interaksi percakapan untuk pengingat , cuaca, saham, pesan, email, kalender , kontak, catatan, musik, jam, web browser, Wolfram Alpha, dan peta, kini di iOS 6 ini mempunyai kemampuan yang lebih baik dibandingkan Siri di iOS 5. Pencarian lokal Siri dan pencarian restoran telah menghapus Asia dari dalam daftar, dan menambahkan kemampuan Siri untuk memperlihatkan jadwal pemutaran film hanya bisa diakses dari AS, Kanada dan Inggris. Selain itu, fitur Siri kali ini juga memiliki kemampuan dengan bahasa lain, seperti Mandarin dan Korea.
    d. Do Not Distrub
    Fungsi do not disturb ini merupakan hal yang baru bagi para pengguna iPhone,tapi di OS lainnya fitur ini bukan merupakan hal baru lagi. Fitur ‘Do Not Disturb’ berfungsi sebagai penolak panggilan telepon saat pengguna meeting atau tidak ingin diganggu. Selain itu pengguna juga bisa mengirim SMS otomatis kepada orang yang menelpon yang menerangkan jika ia sedang sibuk atau tidak mau diganggu.
    e.   Face Time
    Fitur FaceTime adalah aplikasi video calling/ video telepon yang melalui protokol milik Apple. Di iOS versi sebelumnya, fitur FaceTime hanya bisa digunakan melalui koneksi Wi-Fi. Tapi sekarang di iOS 6 ini, fitur FaceTime dapat dilakukan lewat koneksi 3G dan 4G. Dengan kemampuan FaceTime yang dapat melalui koneksi 3G dan 4G ini sekarang pemakai perangkat iOS 6 tidak perlu lagi mencari koneksi Wi-Fi.
    f. Passbook
    Aplikasi Passbook yang sedolah-olah sebagai dompet penyimpanan dimana pengguna bisa menyimpan berbagai hal mulai dari tiket, kartu diskon hingga boarding pass agar dapat dilacak. dengan adanya Passbook ini kini jika berpergian pengguna iOS 6 tidak perlu lagi repot untuk membeli dan membawa tiket. Dengan passbook anda dapat melakukan check in penerbangan, bioskop, restoran dan masih banyak lagi.
    g. Penambahan Fitur Browser Safari
    Safari yang merupakan browser Apple tidak lepas dari penambahan fitur di dalamnya. Beberapa penambahan fitur di browser safari diantaranya adalah Tab iCloud, Full Screen Landscape, Offline reading list.
    h. Find My iPhone
    Dengan adanya aplikasi Find my iPhone, anda dapat dengan mudah melacak, memberi peringatan, bahkan memformat iPhone kita jika hilang atau ketika seseorang telah mencurinya dari kita atau ketika iPhone tersebut terjatuh sehingga kita sangat susah untuk mencarinya.

  1. iPhone iOS 7
    Pada iOS yang mengusung tampilan baru bergaya “flat”, iOS 7 juga dilengkapi berbagai macam fitur baru yang dirancang untuk meningkatkan fungsionalitas dan kepraktisan perangkat-perangkat mobile Apple sampil tetap mempertahankan desain simple yang menjadi ciri khasnya. Apa saja fitur-fitur baru tersebut? Berikut ini daftarnya, seperti dirangkum oleh Kompas Tekno dari Cnet dan situs resmi Apple.
    a.   Desain “flat”
    Dulu, ketika masih berada di bawah komando Scott Forstall, iOS menganut konsep desain skeuomorphic alias menggunakan tekstur seperti benda-benda fisik tertentu, misalnya pada icon aplikasi Notes yang tampil mirip buku catatan. Kini, tampilan lama itu hilang sudah, berganti icon hasil rancangan baru yang terlihat “rata” tapi tetap familiar.
    b. Control Center dan Notification
    Inilah salah satu fitur yang benar-benar baru diterapkan pada iOS7. Control Center yang mirip dengan fitur serupa pada Android bisa diakses dengan menyapukan jari dari bawah layar ke atas menyediakan akses langsung ke fungsi-fungsi yang paling sering diatur, seperti WiFi, Bluetooth, dan Airplane Mode. Ada juga tool flashlight yang meniadakan kebutuhan untuk aplikasi third party bagi keperluan ini. Notification diakses dengan menyapukan jari dari atas layar ke arah bawah dan menyajikan notifikasi yang terbagi dalam tiga tab. Tab pertama memuat seluruh alert, yang kedua menampilkan daftar missed call dan messages, sementara tab ketiga yang bernama “Today” mengingatkan pengguna pada jadwal aktivitas harian.
    c.  Safari Gaya Baru
    Browser default iOS, Safari, kini menggabungkan kolom search dengan URL sehingga pengguna bisa melakukan pencarian dan mengetik alamat website di tempat yang sama, seperti pada browser Google Chrome dan Opera Next. Navigasi tabbed browsing kini juga dipermudah dengan tampilan vertikal yang menyajikan semua tab dari atas ke bawah yang bisa dipilih dengan menyapukan jari. Jumlah tab tak lagi dibatasi hanya delapan. Fitur ini pun mirip dengan yang sebelumnya sudah ada lebih dulu di smartphone Android.
    d. Air Drop
    AirDrop merupakan layanan file sharing peer-to-peer yang menciptakan jaringan ad-hoc lokal di antara pengguna yang saling berdekatan. Perangkat dengan iOS7 akan mendeteksi perangkat- perangkat lain (yang juga menggunakan iOS7) dan menampilkan wajah pengguna masing-masing di layar. Untuk berbagi foto, pengguna bisa menekan “wajah” teman di layar. Foto kemudian akan dikirim ke perangkat tujuan dengan WiFi dan Bluetooth. Pengguna juga memiliki opsi “invisible” yang bisa diakses dari Control Center jika sedang merasa tak ingin berinteraksi. Sayangnya fitur yang satu ini hanya akan tersedia untuk tiga perangkat terbaru dari Apple, yaitu iPhone 5, iPad generasi ke-4, dan iPad Mini.
    e. Fitur kamera baru
    Aplikasi kamera pada iOS7 menempatkan semua mode pengambilan gambar yang tersedia di tampilan muka sehingga dapat langsung diakses. Kini terdapat pilihan format panorama, video, dan “segi empat” yang mirip Instagram. Ada juga tombol khusus filter untuk menambahkan efek-efek visual pada foto. Filter ini bisa ditambahkan secara real-time, diaplikasikan di lain waktu, ataupun dihilangkan apabila pengguna berubah pikiran.
    f. Multitasking
    Akhirnya, gadget mobile Apple bisa menyamai platform lain dalam kemudahan berpindah-pindah antar aplikasi. Daftar aplikasi yang sedang dijalankan bisa diakses dengan menekan tombol home sebanyak dua kali. Untuk menutup aplikasi, pengguna tinggal menggeser “icon” aplikasi yang bersangkutan ke arah atas layar.
    g.   iTunes Radio 
    Aplikasi iTunes kini menyediakan layanan mirip Pandora, Google Music, maupun Spotify dengan mencakup siaran-siaran radio. Seperti sebelumnya, iTunes akan terikat dengan Apple ID pengguna.
    h. Siri yang lebih “pintar”
    Aplikasi digital voice assistant pada iOS yang lebih dikenal dengan nama Siri kini mendapat sejumlah fungsi baru, seperti tambahan suara laki-laki di samping suara perempuan pada versi sebelumnya. Siri pada iOS7 juga mampu mengatur fungsi-fungsi perangkat seperti menaik-turunkan brightness layar, menyalakan Bluetooth, dan lain sebagainya.
    i. Facetime Audio
    Lebih suka panggilan suara dibanding video? Kemampuan tersebut kini sudah tersedia lewat Facetime Audio yang mentransmisikan suara lewat jaringan WiFi.
    j. Update otomatis
    App Store kini bisa melakukan update aplikasi secara otomatis. Fitur automatic- update ini bisa dimatikan di layar setting apabila dirasa tidak diperlukan. Selain deretan fitur yang disebutkan di atas, masih banyak lagi hal baru yang ditambahkan Apple pada iOS7, seperti aplikasi cuaca baru dan photo-sharing melalui iCloud.

  1. iOS 8
    Telah resmi diperkenalkan Apple bertepatan dengan peluncuran iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Untuk iOS 8 sendiri, pihak Apple sudah menanamkan beberapa fitur baru.
    a. Continuity
    Fitur terbaru ini memungkinkan iPad dan Mac Anda terhubung dengan iPhone 6. Tak hanya semata menghubungkan biasa, dengan Continuity Anda dapat menjawab panggilan telepon langsung dari Mac dan iPad. Bahkan tak hanya menjawab, Anda bisa membuat panggilan telepon di Mac dan iPad. Berkirim pesan SMS juga dimungkinkan berkat fitur Continuity. Untuk melakukannya, Anda cukup tap atau klik nomor telepon yang tersimpan pada Contacts, Calender, atau Safari. Namun, semua hal tersebut baru dapat dilakukan apabila kedua perangkat Anda terhubung dengan koneksi Wi-Fi yang sama.
    b. Photos
    Pengambilan foto melalui iOS 8 juga kini diklaim jauh lebih mudah dan menyenangkan. Anda juga dapat mencari foto yang diinginkan cukup dengan mengetik keyword berupa tanggal pengambilan foto, lokasi, atau nama album tempat foto tersimpan. Tak hanya itu, Apple juga menambahkan fitur edit foto langsung dari iPhone 6. Di dalam fitur ini, Anda bisa menggunakan Smart composition tools, Smart adjustments, serta Photo filters and editing tools. Satu hal lagi yang kini dapat Anda lakukan di iOS 8. Anda tak perlu lagi membutuhkan aplikasi third party untuk membuat sebuah foto Timelapse. Ya! Apple telah memberikan fitur ini di iOS 8. Sebagai informasi, Timelapse sendiri merupakan sebuah video yang berisi sekumpulan foto yang diambil dengan periode yang beraturan dan di lokasi yang sama untuk menggambarkan proses, pergerakan, atau perubahan suatu objek.
    c.  Messaging
    Apple memberikan beberapa tambahan pada fitur Messaging tepatnya iMessage – di iOS 8. Seperti misalnya kemampuan mengirim rekaman suara, rekaman video, lokasi tempat Anda berada, membuat grup percakapan, mengirim beberapa foto dan video sekaligus, hingga melihat tiap attachment yang dikirimkan dalam grup percakapan. Anda juga kini tak perlu lagi membuka Messaging untuk membalas tiap pesan yang masuk. Karena tiap ada pesan baru, Messaging akan secara otomatis menampilkan isi pesannya pada layar dibagian atas.
    Di sanalah Anda dapat langsung membalas pesan yang masuk tadi. Fitur-fitur tadi menurut kami kurang menarik. Mengingat hal serupa sudah ada dalam aplikasi third party seperti WhatsApp, Line, KakaoTalk, dan lain-lain. Apple sepertinya hanya mengikuti tren pasar saja dengan menambahkan fitur-fitur di atas.
    d. Quick Type
    Dalam update iOS 8, Apple akhirnya memberikan kemampuan meng-install keyboard third party layaknya di Android. Selain fitur baru tadi, Apple juga menambahkan fitur Suggestion – yang telah dimiliki Android dalam beberapa tahun terakhir – yang mampu menghadirkan beberapa saran kata-kata yang lebih cocok digunakan dalam tiap percakapan. Fitur Suggestion dapat digunakan di seluruh dunia. Namun, baru beberapa bahasa saja yang telah di-support: Bahasa Inggris, Perancis, Jerman, Italia, Portugis, Spanyol, dan Thailand, Kedepannya, Apple baru akan memasukan dukungan untuk bahasa China dan Jepang (kanji).
    e. Family Sharing
    Apple menglaim fitur ini adalah cara baru untuk menghadirkan harmoni di dalam kehidupan digital keluarga Anda. Mudah berbagi foto dan jadwal di kalendar adalah fungsi yang dikedepankan oleh Apple. Dengan Family Sharing, Anda juga dapat berbagi belanjaan dari iTunes, iBooks, dan App Store. Selain itu, Anda bisa mentraktir anggota keluarga untuk membeli apapun di iTunes, iBooks, dan App Store – menggunakan kartu kredit Anda. Apabila anak Anda ingin membeli sesuatu yang belum pantas untuk mereka, Anda bisa menggagalkannya. Karena mereka diwajibkan untuk meminta persetujuan Anda terlebih dahulu sebelum dapat membeli sesuatu dari toko aplikasi milik Apple.
    f. iCloud Drive
    Mendengar namanya saja, kami langsung terpikir satu hal: Google Drive. Fitur yang dimilikinya juga ternyata tak terlalu jauh berbeda. Dengan iCloud Drive Anda bisa menyimpan segala macam data pribadi seperti foto, file PDF, dan lain- lain. Kemudian, Anda dapat membuka segala hal yang tersimpan di dalamnya langsung dari iPhone, iPod touch, iPad, Mac, atau bahkan PC. Apple memang belum memberikan fitur ini secara langsung di dalam iOS 8. Mereka masih memberi label iCloud Drive dengan tulisan cooming soom.
    g. Health  
    Anda kini dapat memantau kondisi kesehatan dan data olahraga di iPhone. Apple telah mengembangkan sebuah aplikasi bernama HealthKit yang secara default telah tersedia di dalam iPhone 6. Dengannya, Anda bisa melihat detak jantung, kalori yang terbakar saat beraktifitas, serta kadar kolesterol dan gula darah. Anda juga dapat membuat sebuah emergency card yang berisi informasi penting kesehatan Anda. Sebagai contoh, isinya berupa golongan darah Anda, segala macam alergi yang diderita, dan masih banyak lagi.
    h. Spotlight
    Fitur ini juga mendapat penambahan fitur baru dari Apple. Apple mengklaim bahwa kini Spotlight dapat dengan pintar memberikan beberapa hal yang patut Anda ketahui. Bisa dibilang fitur ini sama seperti Google Now di Android.

  1. iOS 9
    iOS 9 merupakan sistem operasi iOS yang paling terakhir untuk saat ini, untuk versi iOS 9 ini ada beberapa penambahan fitur diataranya :
    a. Modus malam
    Modus malam diperkenalkan oleh Apple pada OS X Yosemite dan diharapkan iOS 9 akan memiliki fitur modus malam yang akan membuat pengguna iphone mudah membaca teks bacaan di malam hari dan cahaya lebih rendah dan lebih mudah.
    b. Kelompok panggilan Face Time dan video pesan
    FaceTime memungkinkan hanya dua orang dalam panggilan Group, akan lebih bagus jika panggilan kelompok dapat diperpanjang hingga 10 seperti di Skype . Akan lebih bagus lagi jika kita bisa mengirim pesan video ke orang yang kita cintai! Jika Anda khawatir bahwa itu akan mengambil banyak kapasitas perangkat Anda, akan ada pilihan untuk menghapus atau menyimpan pesan oleh penerima.
    c. Split-screen Multitasking
    Layar terpisah fitur Multitasking memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan dua layar sekaligus. Bayangkan, Anda bisa menghibur diri dengan menonton video saat bekerja pada iPhone Anda pada suatu waktu. Split-screen multitasking itu dikabarkan akan diperkenalkan bersama dengan iOS, berharap bahwa fitur akan diperkenalkan pada iOS 9.
    d. Dukungan/ akun pengguna Multiuser
    Banyak pengguna lebih memilih untuk login ke iOS menggunakan nama pengguna tertentu atau akun sementara dapat memungkinkan mereka menyimpan bookmark mereka, aplikasi dan konten media. Harus ada Akun tersebut yang akan melarang orang lain melihat Akun media sosial Anda dan foto. Kemampuan untuk menghapus atau menyembunyikan Aplikasi Bawaan. iOS dilengkapi dengan banyak aplikasi pra-instal yang Anda tidak dapat menghapus atau menyembunyikan. Bukankah lebih bagus lagi, jika kita bisa menyembunyikan atau menghapus aplikasi pra-instal untuk mendapatkan beberapa ruang.
    e. Modus baterai hemat 
    Daya tahan baterai telah menjadi perhatian utama dengan perangkat iOS. Jika Anda bertanya setiap pengguna Apple mengenai apa yang akan mereka ingin melihat di iPhone generasi berikutnya, jawabannya akan menjadi baterai yang lebih baik! Apel dapat mengatasi masa pakai baterai dengan memasukkan fitur modus hemat baterai di iOS 9.
    f. Siri lokal
    Siri tidak bisa bekerja jika tidak terhubung dengan internet. Siri mengirimkan suara perintah kembali ke HQ yang akan diterjemahkan oleh back- end server Apple. Fitur ini akan sangat membantu jika Anda ingin mengirim pesan bahkan jika perangkat Anda tidak terhubung ke internet.
    g. Widget home screen  
    Ini akan menjadi besar jika kita dapat menginstal widget pada layar Asal seperti di Android. Integrasi seluruh sistem keyboard dan widget di Home Screen pihak ketiga akan dihargai oleh pengguna Apple.

C. Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi iOS.

     Kelebihan :

  • Pengguna iOS untuk saat ini masih sulit terserang Virus.
  • User Friendly.
  • Memiliki tampilan yang bagus.
  • Dari segi grafis sangat memukau. e. Tersedia aplikasi yang bagus
  • Kapasitas memory internal yang cukup besar. 8GB, 16GB, 32GB, 64GB.
  • UpGrade FW yang relatif mudah.

      Kekurangan :

  • Harga relatif mahal.
  • Memory yang tersedia tidak bisa ditambah sesuai keinginan kita atau tidak ada lot ext memori.
  • Tampilannya tidak bisa diubah-ubah sesukai hati.
  • Dari segi konektifitas seperti bluetooth dan WiFi Sharing sangat terbatas dan lambat.
  • Untuk mengganti SIM Card tidak muda.
  • Battery tidak bisa dilepas dan sering juga boros.
  • Kualitas suara yang dihasilkan speaker outputnya sangat kecil.

D. Tampilan Utama Sistem Operasi iOS
Picture2.jpg
Gambar 1.2 Tampilan Logo iOS 1 sd 8 ( Sumber : image.google.com )

Picture3  Picture4
Gambar 1.3 Tampilan Home pada iOS ( kiri ), tampilan aplikasi SMS pada iOS ( kanan ) Sumber : Dokumen Penulis

Picture5.jpgPicture6.jpg
Gambar 1.4 Tampilan Fitur Pengaturan di iOS ( kiri ) dan tampilan aplikasi iTunes iOS ( kanan ) Sumber : Dokumen Penulis

Picture7.jpgPicture8.jpg
Gambar 1.4 Tampilan App Store ( kiri ) dan tampilan Album pada iOS ( kanan ) Sumber : Dokumen Penulis

E. Kesimpulan
iOS merupakan sistem operasi yang khusus dibuat oleh perusahaan Apple.Inc yang hanya dibuat untuk produk iPhone, namun untuk saat ini sistem operasi iOS sudah dikembangkan dan diperuntukkan kepada produk Apple lain seperti iPad, iPod Touch, dan Apple TV. Sistem operasi iOS saat ini sudah mencapai versi ke 9 dengan penambahan dan perbaikan beberapa fitur.


Sumber:
http://infoku-share.blogspot.co.id/2014/04/sejarah-logo-apple.htmlhttps://id.wikipedia.org/wiki/IOShttp://www.pricebook.co.id/article/news/2015/01/26/630/sejarah- perkembangan-ios-dari-awal-sampai-versi-kedelapan http://tech.dbagus.com/jenis-jenis-ioshttp://www.kaskus.co.id/thread/51b17bd91ad719b17f000015/fakta- kelebihan-dan-kekurangan-ios/
https://dungga.wordpress.com/sistem-operasi/blackberry-os/http://sukagadget.net/288/kumpulan-tema-android-keren.html/6http://apkandroidmu.blogspot.co.id/2015/05/cara-merubah-tampilan- android-menjadi.html
http://www.indo-share.com/2015/01/ini-dia-apple-ios-9-yang-akan- rilis.html
https://id.techinasia.com/fakta-penting-ios-delapan-apple/

 

1 komentar:

  1. Sistem keamanan pada operasi ios memang bagus meski ada juga yang bilang celah dari keamanan ios lebih banyak daripada android.

    Lebih baik sih gunain juga aplikasi vpn untuk lebih mengamankan data atau file di IOS. Banyak juga vpn gratis maupun vpn yang premium.

    BalasHapus